Jumat, 31 Januari 2014

TRIP 3 NEGARA SINGAPORE, THAILAND, MALAYSIA 

(PART 1)

28 Nopember 2013 - 2 Desember 2013

Senang sekali saya dikabari ada tiket cancel murah ke Phuket via Singapore. Saya yang pecinta laut, tentunya sangat tertarik ke Phuket, yang katanya lautnya indahnya seperti Bali.

Kuwel-kuwel pashmina sambil nunggu gate open

Tanggal 28 Nopember 2013. Kami berangkat bertiga (saya, Hery dan Febri) ke Singapore dari bandara Soetta pukul 20.30. Dan sampai di Changi sudah cukup malam. kira-kira pukul 23.00 waktu setempat. Memang, negara ini beda jamnya dengan Jakarta, lebih cepat 1 jam. Kami terpaksa "ngemper di Changi" karena tidak mungkin lagi ke kotanya. MRT terakhir pukul 23.00. Belum lagi kami sama sekali belum booking hotel. Yachh... tak apalah.. Changi cukup nyaman kok untuk menerima backpacker seperti kami.


1. Explore Changi Terminal 2
Disana kami langsung explore Terminal 2. Pertama-tama kami langsung cari makan. Ketemu lah Orchid cafe. Makanannya cukup enak. Yang jualan sudah nenek-nenek, dan hanya sendirian. Salut banget...
Noodle Dry Roasted Chicken 7 SGD
Bill "Orchid Garden" makan malam kami
Selesai makan kami menuju Experience Zone. Di tempat ini kita bisa menonton tayangan televisi dengan layar LCD cukup besar. kira-kira 120 inch. Ada juga internet gratis, serta yang saya sukai adalah Photobox-nya.. Dengan kecanggihan meng-capture foto kita,Samsung akan langsung mengirim hasilnya melalui email yang telah kita daftarkan sebelumnya.

Me with Hery at Samsung photo capture di Experience Zone, Terminal 2, Changi
Lalu kami ke Enchanted Garden. Enchanted Garden ini adalah taman dengan perpaduan antara Desain, Teknologi, Keanekaragaman hayati, dan Informasi.
Enchanted Garden
Kebetulan waktu kami ke Changi, sepertinya tema Natal sudah terasa, walaupun Natal sendiri masih 1 bulan kedepan.
Christmast Ornamen
Tema yang diusung oleh Changi waktu kami kesana sepertinya ingin membawa pengunjung ke beberapa tempat "Must Visit Place" di Eropa. Dan saya ketemu dengan replika bangunan yang selama ini saya impik-impikan... OMG ada Kremlin di Changi.... #ngecessss....
Serta ada Coloseum juga...
Kremlin in Changi. Ga usah jauh2 ke Rusia... 

Coloseum di Changi
Lalu muter-muter lagi.. dan foto-foto lagi.. dan...dan.... kamipun terlelap. zz..zz....z.... di zona games deket Sunflower Garden.

Total Pengeluaran :
Taxi dari Tangerang ke Bandara                                    = Rp 54.000
Airport tax @ 150.000 x 2                                           = Rp 300.000

Makan di Orchid Cafe, Changi @ 7 SGD x 3              = SGD 21
Beli air minum @ SGD 2                                              = SGD 2
Penitipan tas ( 3 carier 10 kg)                                       = SGD 10,7



2. Transit di Singapore (Merlion & Raffles)

Berhubung penerbangan ke Phuket pukul 12.20, maka kami memutuskan untuk explore Singapore semampu kami. Bagi saya ini adalah kali kedua saya ke SG, namun buat teman saya Hery, ini adalah kali pertamanya. Pagi-pagi sekali pukul 6, (di Jakarta masih pukul 5 pagi Bro..), kami berangkat dari Changi dan turun di Bugis. Karena yang kami tau, makanan halal paling mudah dicari di kawasan ini. Ternyata, toko-toko masih banyak yang tutup, akhirnya kami makan di Mc D yang buka 24 jam. Seporsi makan, dapat pancake + telur dadar + 1 lapis daging + beberapa selai + milo segelas = 8.2 SGD (sekitar 78rb IDR).

Kami baru sadar ternyata kalo pagi-pagi sebelum pukul 7 itu pake MRT gratis! Asyyeeek...

Lalu kami melanjutkan perjalanan ke MRT Raffles, yaitu MRT terdekat untuk menuju Patung Singa yang berbadan ikan, yang menjadi lambang kebanggaan negeri ini. Tidak lupa kami ke Patung Raffles yang tidak jauh dari situ, tinggal nyebrang dari Cavenagh bridge, dan berjalan sedikit ke arah kiri, kira-kira 100 meter.

Apa yang menarik di sini???

Banyaakkk.... banyak hal menarik dapat kita jumpai disini. Apa saja ?

a. Singapore River
Singapore River
Clark Quay in the morning
Singapore river terkenal dengan sungainya yang bersih dan terawat. Digunakan untuk sarana transportasi dan wisata. Terdapat beberapa pier untuk tempat berlabuhnya boat-boat.
b. Fullerton Hotel
In front of Fullerton Hotel
Diorama ras Melayu, China dan Eropa
Fullerton adalah hotel bintang lima di kawasan tersebut. Keunikannya diantara arsitekturnya yang bergaya eropa, ditambah beberapa diorama-diorama patung-patung di pelataran hotel yang cukup unik.
One Fullerton

c. Cavenagh Bridge
Adalah jembatan yang menghubungkan kawasan clark quay menuju Raffles. Jadi jika akan menuju patung Raffles memang lebih bagus lewat jembatan ini.
Cavenagh Bridge

d. Merlion
Siapa yang gak kenal Merlion?? Semua orang pasti tau Merlion. Patung Singa berbadan ikan ini telah menjadi icon negeri ini. Jaraknya ga jauh dari Fullerton Hotel. Tinggal nyebrang saja.
Merlion
e. Raffles Landing Site
Raffles Statue

Sir Stamford Raffles, adalah penemu pulau Singapura. Konon katanya di tempat inilah sang penjelajah menginjakkan kakinya pertama kali. Maka untuk mengenangnya dibuatlah patung Raffles.
Di sekitar situ juga ada beberapa patung-patung diorama tentang Singapura masa lampau. serta ada juga patung Jawaharlal Nehru, PM India.

f. Marina Bay

Gedung Marina Bay yang mirip kayak perahu diatas tiga gedung ini hanya selemparan batu di depan Merlion. Tepat di depan Merlion. Tapi untuk kesana memang musti muter agak lumayan kalo jalan kaki.
Aahhh... saya hanya ada waktu transit 3 jam, next time aja saya kesana...


g. Restoran-restoran Clark Quay
Saya sich belum pernah makan disini, rate-nya cukup lebih mahal dibanding Changi. Tapi kawasannya cukup nyaman untuk dipakai jalan-jalan. Bagi yang sudah pernah ke Benton Junction, Karawaci, kira-kira seperti itulah gambarannya....

Daftar menu di sebuah resto di Clark Quay
Diorama patung di Clark Quay
h. Gedung-gedung pencakar langit

Bagi pecinta fotografi tentang modern city, kawasan ini cuku bagus untuk dijadikan object foto.
Gedung-gedung dengan arsitektur kokoh dan menjulang tinggi bertebaran di sepanjang singapore river ini.

View selepas keluar dari MRT Raffles 

Pengeluaran untuk transit & jalan-jalan ke Merlion :
Beli EZ Link utk Hery                                                                                          = SGD 12
Makan di Mc D                                                                                                   =  SGD 19.85
- Coffe Milk  ( SGD 2,1)
- Iced Milo   (SGD 2.1)
- Breakfast Deluxe (SGD 6.5)
- Breakfast Deluxe Supreme (SGD 6.65)
- Muffin Burger (SGD 2.85)
Pengeluaran dengan EZ Link Changi - Bugis - Raffles - Changi  @SGD 2.98 X 3 = SGD 8.94
Ngopi di Starbuck   vanilla latte (6,3) + Rasberry cake (6.5)                                 = SGD 12.8


Selanjutnya kami melanjutkan penerbangan kami ke Phuket pukul 12.20 siang.


To be Continue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar